Pengaruh Tingkat Profitabilitas terhadap Penghindaran Pajak (Tax Avoidance) dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderating

  • Astri Shafiah Az'zahra Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Elly Halimatusadiah Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Keywords: Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Penghindaran Pajak

Abstract

Abstract. This research is based on the phenomenon that occurs in food and beverage companies, where not a few companies commit tax evasion that is not permitted or not based on tax laws. The existence of profitability and company size be a benchmarks in the practice of tax avoidance. For this reason, this study aims to determine the effect of the level of profitability on tax avoidance moderated by company size. This research was conducted on 37 populations using a verification research method and a quantitative approach. This study used secondary data accessed and collected from the websites of the companies that were sampled and the determination of the sample was based on non-probability sampling and purposive sampling. the proposed hypothesis, tested using moderated regression analysis. The results of this study indicate that profitability has a significant effect on tax evasion and firm size does not significantly moderate profitability on tax evasion. This research has special implications for the tax office to pay more attention to tax returns from taxpayers and increase confidence in the individuals involved as taxpayers.

Abstrak. Penelitian ini didasarkan pada fenomena yang terjadi pada perusahaan makanan dan minuman, di mana tidak sedikit perusahaan yang melakukan penghindaran pajak yang tidak diperkenankan atau tidak berdasar pada undang-undang perpajakan. Keberadaan profitabilitas dan ukuran perusahaan menjadi tolak ukur dalam praktik penghindaran pajak. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat profitabilitas terhadap penghindaran pajak yang dimoderasi oleh ukuran perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada 37 populasi dengan menggunakan metode penelitian verifikatif dan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diakses dan dikumpulkan dari website perusahaan yang menjadi sampel dan penentuan sampel didasarkan pada non-probability sampling dan purposive sampling. Hipotesis yang diajukan, diuji menggunakan moderated regression analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan memoderasi profitabilitas terhadap penghindaran pajak. Penelitian ini memberikan implikasi khusus kepada kantor pajak untuk lebih memperhatikan penyerahan pajak dari wajib pajak serta meningkatkan keyakinan pada individu yang terlibat sebagai wajib pajak.

Published
2023-01-31