Pengaruh Segmentasi Pasar terhadap Tingkat Penjualan pada UMKM di Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat

  • M Sultan Naufal Alkailani Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Kania Nurcholisah Akuntansi, Ekonomi dan Bisnis
Keywords: Segmentasi Pasar, Tingkat Penjualan, Rumus Slovin, Regresi Sederhana

Abstract

Abstract.  In the era of globalization, the entry of market mechanisms into economic life has resulted in various changes and developments in the economic sector in society which has resulted in a competitive structure in carrying out activities and various types of economic transactions. In addition, marketing is also needed to focus attention on consumers because achieving consumer needs and satisfaction will provide decent benefits in the long run. The object of research in this study is market segmentation and MSME sales levels. The research method used is a quantitative research method. The data collection technique was carried out by filling out a questionnaire. The research population is 50 SMEs in the Cipatat area. The research sample was taken using the slovin formula with an error of 10%, so that the number of research samples was 33 SMEs. The research results obtained are as follows: (1) SMEs in the Cipatat District area already know the segmentation of their SMEs. This can be seen from the questionnaire data for each market segmentation indicator which on average is included in the good criteria. (2) Based on calculations using the Spearman rank correlation test on market segmentation on the sales level of MSMEs in Cipatat sub-district, there is an influence between market segmentation on the sales level of MSMEs. This is evidenced by the Spearman correlation value between market segmentation and sales level of 0.821 and is included in the category of very strong variable power levels.

Abstrak. Pada masa era globalisasi, masuknya mekanisme pasar kedalam kehidupan ekonomi yang berdampak pada terjadinya berbagai perubahan serta perkembangan sektor perekonomian dalam masyarakat yang menghasilkan suatu struktur persaingan dalam menjalankan sebuah aktivitas dan berbagai macam transaksi ekonomi. Selain itu pemasaran juga diperlukan untuk memusatkan perhatian pada konsumen karena dengan tercapainya kebutuhan dan kepuasan konsumen akan memberikan keuntungan yang layak dalam jangka panjang. Objek penelitian pada penelitian ini adalah Segmentasi pasar dan Tingkat Penjualan UMKM. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian angket kuesioner. Populasi penelitian merupakan 50 UMKM di kawasan Cipatat. Sampel penelitian diambil menggunakan rumus slovin dengan error 10%, sehingga jumlah sampel penelitian berjumalh 33 UMKM. Hasil penelitian yang didapat adalah sebagai berikut : (1) UMKM di daerah Kecamatan Cipatat sudah mengetahui segmentasi pada UMKM mereka. Hal ini terlihat dari data kuesioner terhadap tiap indikator segmentasi pasar yang rata – rata masuk dalam kriteria baik. (2) Berdasarkan perhitungan menggunakan uji korelasi rank spearman pada segmentasi pasar terhadap tingkat penjualan UMKM di kecamatan Cipatat, terdapat pengaruh antara segmentasi pasar terhadap tingkat penjualan UMKM. Hal ini dibuktikan dengan nilai korelasi spearman antara segmentasi  pasar terhadap tingkat penjualan adalah sebesar 0.821 dan termasuk kedalam kategori tingkat kekuatan variabel sangat kuat.

Published
2023-01-31