Pengaruh Penerapan Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak UMKM

  • Idzni Taris Octaviana Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Elly Halimatusadiah Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Keywords: Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak UMKM

Abstract

Abstract. This research originates from the many phenomena regarding the increase in infrastructure development and fulfillment of funds that must be carried out by the government which are not accompanied by taxpayer awareness of their obligations in calculating and reporting which encourages a decrease in revenue from the taxation sector due to the attitude of UMKM taxpayers' non-compliance with their taxes. Taxpayer compliance is very important to increase regional revenues. The purpose of this study was to find out how much influence the implementation of modernization of the tax administration system and taxpayer awareness has on UMKM taxpayer compliance in the Bandung Region. This study uses a verification method with a quantitative approach. The data source used in this study is the primary data source obtained from UMKM taxpayers who implement the modernization of the tax administration system in the Bandung Region. The sampling technique in this study was convenience sampling with 50 UMKM taxpayers as respondents who implemented the modernization of the tax administration system. Testing the hypothesis used in this study using multiple regression analysis with the SPSS Version 23. The results of this study indicate that the Modernization of the Tax Administration System has no effect significant on UMKM taxpayer compliance and Taxpayer Awareness has a positive effect significant on UMKM taxpayer compliance in the Bandung Region.

Abstrak. Penelitian ini berawal dari banyaknya fenomena mengenai meningkatnya pembangunan infrastruktur dan pemenuhan dana yang harus dilakukan oleh pemerintah yang tidak beriringan dengan kesadaran wajib pajak akan kewajibannya dalam perhitungan serta pelaporan yang mendorong terjadinya penurunan penerimaan dari sektor perpajakan yang diakibatkan sikap ketidakpatuhan wajib pajak UMKM akan pajaknya. Kepatuhan wajib pajak merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan penerimaan daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan modernisasi sistem administrasi perpajakan dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di Wilayah Bandung. Penelitian ini menggunakan metode verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang diperoleh dari wajib pajak UMKM yang menerapkan modernisasi sistem administrasi perpajakan di Wilayah Bandung. Adapun Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah convenience sampling dengan responden sebanyak 50 wajib pajak UMKM yang menerapkan modernisasi sistem administrasi perpajakan. Pengujian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan aplikasi SPSS Versi 23. Hasil penelitian ini menjukkan bahwa Modernisasi Sistem Administrasi perpajakan tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan wajib pajak UMKM dan Kesadaran Wajib Pajak berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di Wilayah Bandung.

Published
2023-01-31