Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan

  • Peppy Nur Fauziah Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Nurhayati Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Keywords: Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan

Abstract

Abstrak. Ketatnya persaingan usaha menuntut seorang manajer perusahaan untuk meningkatkan nilai perusahaan. Pengukuran nilai perusahaan dapat mengukur melalui nilai harga saham di pasar. Profitabilitas menunjukkan kemampuan perusahaan memperoleh laba atau ukuran efektivitas pengelolaan manajemen perusahaan. Leverage juga sebagai salah satu alat yang banyak digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan modal mereka dalam rangka meningkatkan keuntungan Ukuran perusahaan merupakan cerminan dari asset yang dimiliki suatu perusahaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran perusahaan terhadap Nilai Perusahaan yang terdaftar di BEI pada periode 2017-2021. Metode yang diguankan adalah metode deskriprif verifikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang dibantu dengan Teknik analisis linear berganda. Teknik sampling yang digunakan yaitu non-probability sampling dengan metode purposive sampling sehingga didapat 60 sampel Perusahaan Manufaktur Sub sektor Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2017-2021. Hasil penelitian menujukkan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, Leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan secara simultan dan parsial.

Abstract. Tight business competition requires a company manager to increase the value of the company. Measurement of company value can be measured through the value of stock prices in the market. Profitability shows the company's ability to earn profits or a measure of the effectiveness of company management. Leverage is also a tool that is widely used by companies to increase their capital in order to increase profits. Company size is a reflection of the assets owned by a company. The purpose of this study is to determine the effect of Profitability, Leverage, Company size on the Value of Companies listed on the IDX in the 2017-2021 periode The method used is a descriptive verification method using a quantitative approach assisted by multiple linear analysis techniques. The sampling technique used was non-probability sampling with a purposive sampling method so that 60 samples of Manufacturing Companies in the Automotive Sub-sector were obtained which were listed on the Indonesia Stock Exchange in the 2017-2021 period. The results of the study show that profitability has no effect on firm value, leverage has no effect on firm value, and firm size has an effect on firm value simultaneously and partially.

 

Published
2023-01-31