Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Efektivitas Pengendalian Internal terhadap Kinerja Karyawan pada Bank Syariah di Kota Bandung

  • Rizqy Adhimy Yusyahadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
  • Rini Lestari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
Keywords: Gaya Kepemimpinan, Efektivitas Pengendalian Internal, Kinerja Karyawan

Abstract

Abstract. In a company, optimizing employee performance is an important point in realizing company goals. Some aspects that need to be considered include leadership style and the effectiveness of internal control. This can affect the increase in employee performance so that the company's goals are achieved optimally. The purpose of this study was to examine the effect of leadership style and the effectiveness of internal control on employee performance surveys of Islamic Bank employees in Bandung. The research method used in this study is a survey and verification method with a quantitative approach. Sources of data used in this study is the primary data source obtained from employees of Islamic Banks in the city of Bandung. The sampling technique in this study is convenience sampling by distributing 77 questionnaires to employees of Islamic Banks in the city of Bandung. Hypothesis testing used in this research is using multiple regression analysis with results showing that leadership style and effectiveness of internal control affect employee performance.

Abstrak. Dalam sebuah perusahaan pengoptimalan kinerja karyawan menjadi poin penting dalam terwujudnya tujuan perusahaan. Beberapa aspek yang perlu diperhatikan diantaranya gaya kepemimpinan dan efektivitas pengendalian internal. Hal tersebut dapat mempengaruhi peningkatan kinerja karyawan sehingga tujuan perusahaan tercapai dengan maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dari gaya kepemimpinan dan efektivitas pengendalian internal terhadap kinerja karyawan survei pada karyawan Bank syariah  . Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang diperoleh dari karyawan Bank syariah  . Adapun teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah convenience sampling dengan menyebarkan 77 kuesioner kepada karyawan Bank syariah  . Pengujian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi berganda dengan hasil yang menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan dan efektivitas pengendalian internal berpengaruh terhadap kinerja karyawan.

Published
2022-01-22