Pengaruh Penggunaan Informasi Akuntansi dan Motivasi Usaha terhadap Keberhasilan Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada UMKM Kuliner Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung

  • Tri Aulia Hiftina Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
  • Kania Nurcholisah
  • Riyang Mardini
Keywords: penggunaan informasi akuntansi, motivasi usaha, keberhasilan UMKM

Abstract

Abstract. Accounting information can serve as a basis in determining the right economic decisions for the achievement of SME success, especially if SME actors have high business motivation then the driving factor in achieving the success of SMEs will increase.  This research aims to find out the effect of the level of use of accounting information and business motivation on the success of micro, small and medium enterprises.  The sample was taken by purposive sampling technique of 50 Culinary SMEs based on five villages located in Bojongloa Keler Subdistrict, Bandung City using verifiative research methods and quantitative approaches based on data collection techniques through the dissemination of questionnaires.  The data analysis technique used in this study is a multiple linear regression analysis technique. The results of this study show that the level of use of accounting information, business motivation owned by MSMEs has an effect on the success of micro, small and medium enterprises (SMEs).

Abstrak.Informasi akuntansi dapat berfungsi sebagai dasar dalam menentukan keputusan ekonomi yang tepat untuk tercapainya keberhasilan UMKM, terlebih lagi jika pelaku UMKM memiliki motivasi usaha yang tinggi maka faktor pendorong dalam mencapai keberhasilan UMKM akan semakin meningkat.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat penggunaan informasi akuntansi dan motivasi usaha terhadap keberhasilan usaha mikro, kecil dan menengah.  Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 50 UMKM Kuliner berdasarkan lima Kelurahan yang berada di Kecamatan Bojongloa Keler, Kota Bandung dengan menggunakan metode penelitian verifikatif dan pendekatan kuantitatif berdasarkan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner.  Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear berganda.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat penggunaan informasi akuntansi, motivasi usaha yang dimiliki pelaku UMKM berpengaruh terhadap keberhasilan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Published
2022-01-21