Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR)

  • Hernandya Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
  • Edi Sukarmanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
Keywords: Islamic Social Reporting (ISR), Profitabilitas, Ukuran Perusahaan

Abstract

Abstract. This study aims to obtain empirical evidence regarding the factors that influence the disclosure of Islamic Social Reporting (ISR). the factors used include company size and profitability with thevariable dependentis Islamic Social Reporting (ISR). Measurement of the disclosure of Islamic Social Reporting (ISR) by measuring the ISR index score seen from the company's annual report. The sample and population used in this study were 39 manufacturing companies listed on the Indonesia Sharia Stock Index (ISSI) for the 2017-2020 period. Based on the sample and range of observations, 156obtained firm years were in this study. The data of this research is secondary data in the form of an annual report obtained from the official website of the Indonesia Stock Exchange (IDX) at www.idx.com. Samples were selected by purposive sampling method. The research method used is a quantitative method with associative research type. The analysis in this study is in the form of descriptive statistical analysis by testing the classical assumptions. For the purpose of testing the proposed hypothesis using multiple linear regression analysis with the help of the SPSS 23 computer program. Based on this study, it can be proven that company size affects the disclosure of Islamic Social Reporting (ISR) registered as ISSI. While profitability does not affect the disclosure of Islamic Social Reporting (ISR) which is registered as ISSI with a span of 4 years.

Abstrak. Dalam penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai factor-faktor yang mempengaruhi terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). factor-faktor-faktor yang digunakan antara lain ukuran perusahaan dan profitabilitas dengan variable dependennya adalah Islamic Social Reporting (ISR). Pengukuran terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) dengan mengukur skor indeks ISR yang dilihat dari laporan tahunan perusahaan. Sampel dan populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 39 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode Tahun 2017 – 2020. Berdasarkan sampel dan rentang pengamatan, maka diperoleh 156 sampel pengamatan (firm year) dalam penelitian ini. Data penelitian ini adalah data sekunder berbentuk laporan keuangan (annual report) yang diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) di www.idx.com. Sampel yang dipilih dengan metode purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis riset asosiatif. Analisis dalam penelitian ini berbentuk analisis statistic deskriptif dengan melakukan uji asumsi klasik. Untuk kegunaan pengujian hipotesis yang diajukan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program computer SPSS 23. Berdasarkan penelitian ini, dapat dibuktikan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) yang terdaftar sebagai ISSI. Sedangkan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) yang terdaftar sebagai ISSI dengan rentang waktu selama 4 tahun.

Published
2022-01-21