Pengaruh Kesempatan Bertumbuh dan Ukuran Perusahaan terhadap Kualitas Laba

  • Ine Kurnia Anjani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
  • Edi Sukarmanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
Keywords: Kualitas Laba, Kesempatan Bertumbuh, Ukuran Perusahaan

Abstract

Abstract. Profit information is significant to its users (stakeholders) because profit information can be utilized to make decisions. The goal of this study is how growth opportunities and company size effect earnings quality in manufacturing indonesia stock exchange Stock Exchange from 2018 and 2020. This study employs quantitative methods and verification research methods. The data in this study is collected from the secondary and use a purposive sampling technique. The purposive sampling methodology is a sampling method that is based on specified criteria, resulting in a study sample of 15 manufacturing firms. Multiple linear regression model is used in this work to test hypotheses. The market to book value ratio is used to determine growth opportunities, the natural logarithm of total assets is used to assess firm size, and the earning response coefficient is used to assess earnings quality (ERC). The findings of this study revealed that growth opportunities have no bearing on the quality of earnings. And the findings of this study show that a company's size has had a positive and significant impact on earnings quality. Based on the findings of the previous study, additional research needs to be conducted using other variables such as leverage, capital structure, and income smoothing, as well as a longer observation period of more than 3 years.

Abstrak. Informasi mengenai laba merupakan suatu hal yang penting bagi para penggunanya (stakeholder) karena informasi mengenai laba dapat dijadikan sebgaia dasar untuk melakukan pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesempatan bertumbuh dan ukuran perusahaan terhadap kualitas laba pada perusahan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian vefikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik purposive sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang didasarkan pada kriteria tertentu yang telah ditetapkan, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 15 perusahaan manufaktur. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunan analisis regresi linear berganda. Kesempatan bertumbuh diukur menggunakan market to book value Ratio, ukuran perusahaan diukur menggunakan logaritma natural dari total aset dan kualitas laba diukur dengan earning response coefficient (ERC). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesempatan bertumbuh tidak berpengaruh terhadap kualitas laba. Dan hasil penelitian ini menunjukan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laba. Berdasarkan hasil penelitian diatas, penelitian selanjutnya disarankan menggunakan variabel lain seperti leverage, struktur modal, dan income smoothing serta menggunakan periode pengamatan lebih dari 3 tahun agar periode pengamatan yang dilakukan lebih panjang.

Published
2022-01-21