Pengaruh Lingkungan Internal terhadap Keunggulan Kompetitif

  • Nabila Putri Sulystiawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
  • Rini Lestari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
Keywords: Keunggulan Kompetitif, Lingkungan Internal, Industri Kuliner Ayam Geprek

Abstract

Abstract. A company's competitive advantage is its capacity to characteristics and provide more value than its competitors. Internal environmental issues might have an impact on a company's competitive edge. If a corporation can create a positive internal atmosphere, it can gain a competitive advantage. The goal of this research was to assess the impact of the internal environment on competitive advantage in the geprek chicken culinary business in Bandung. Verification research methods and quantitative procedures are used in this study, which are based on primary data sources. A questionnaire with 40 responses was utilized to gather information. The researcher utilized a non probability sampling technique combined with a convenience sampling technique to choose her samples. This study used 40 enterprises in the geprek chicken culinary industry in Bandung as an example (already operating for more than 1 year). In this work, simple regression analysis was used to assess hypotheses. Until this study proves the concept that the internal environment has an impact on competitive advantage.

Abstrak. Keunggulan kompetitif merupakan suatu kemampuan perusahaan yang memiliki karakteristik serta nilai lebih baik dari pesaingnya. Keunggulan kompetitif dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan internal perusahaan itu sendiri. Keunggulan kompetitif bisa dicapai jika suatu perusahaan dapat menerapkan lingkungan internal yang baik. Berdasarkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh lingkungan internal terhadap keunggulan kompetitif pada industri kuliner ayam geprek di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian verifikatif serta pendekatan kuantitatif, yang berdasarkan dari sumber data primer. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dengan responden berjumlah 40 orang. Dalam penelitian ini teknik pemilihan sampel yang diambil adalah non probability sampling, teknik convenience sampling. Sampel dari penelitian ini adalah 40 perusahaan dalam industri kuliner ayam geprek di Kota Bandung (sudah beroperasi lebih dari 1 tahun). Pengujian hipotesis pada penelitian ini dengan analisis regresi sederhana. Hingga didapatkan hipotesis pada penelitian ini yang menunjukkan bahwa lingkungan internal memiliki pengaruh terhadap keunggulan kompetitif.

Published
2022-01-21