Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak dan Kepuasan Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Cimahi

  • Revi Asyifa Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
  • Nunung Nurhayati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
Keywords: kualitas pelayanan pajak, Kepuasan Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak

Abstract

Abstract. Compliance in paying taxes is something that needs to be done for citizens, but at this time the phenomenon of low taxpayer compliance is still often heard. The low compliance of taxpayers can be caused by the lack of quality of tax services and the dissatisfaction of taxpayers with the performance of tax services provided by the government, especially on motor vehicle taxes. Therefore, this study aims to determine the effect of tax service quality and taxpayer satisfaction on taxpayer compliance. This research was conducted with primary data using quantitative and verification methods through questionnaires and data collection techniques Accidental Sampling with a sample of 100 motorized vehicle taxpayers in Cimahi City. In testing the hypothesis, researchers used multiple regression analysis and processed through tests performed on SPSS 23 software. The results showed that the quality of tax services had a positive and significant effect on compliance with motorized vehicle taxpayers in Cimahi City. Likewise, taxpayer satisfaction has a positive and significant effect on motor vehicle taxpayer compliance in Cimahi City. This research has implications for taxation agencies to further improve the quality of tax services and prioritize taxpayer satisfaction in fulfilling their obligations as Indonesian citizens.

Abstrak. Kepatuhan dalam membayar pajak merupakan hal yang perlu dilakukan bagi warga negara, akan tetapi saat ini fenomena rendahnya kepatuhan wajib pajak masih saja sering terdengar. Rendahnya kepatuhan wajib pajak dapat disebabkan karena kurangnya kualitas pelayanan pajak dan tidak puasnya wajib pajak terhadap kinerja layanan pajak yang diberikan oleh pemerintah terutama pada pajak kendaraan bermotor. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pajak dan kepuasan wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini dilakukan dengan data primer menggunakan metode kuantitatif dan verikatif melalui kuesioner serta teknik pengumpulan data Accidental Sampling dengan sampel yang berjumlah 100 wajib pajak kendaraan bermotor di Kota Cimahi. Dalam pengujian hipotesisnya, peneliti menggunakan analisis regresi berganda dan diolah melalui pengujian yang dilakukan pada software SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kota Cimahi. Demikian juga dengan kepuasan wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kota Cimahi. Penelitian ini memberikan implikasi pada instansi perpajakan untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan pajak serta mengutamakan kepuasan wajib pajak dalam memenuhi kewajibannya sebagai warga negara Indonesia.

Published
2022-01-20