Pengaruh Pemahaman dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Kecamatan Cibeunying Kidul

  • Al-fadhila Permata Akuntansi
  • Diamonalisa Sofianty
Keywords: Pemahaman Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak

Abstract

Abstract. Taxes are very important in state revenue. One of the phenomena that occurs in Indonesia in the field of taxation is taxpayer compliance. We need to know that taxpayer compliance can currently be said to be low, this is influenced by several factors, including understanding and awareness of taxpayers. Therefore, this research aims to find out how taxpayer understanding and awareness influences taxpayer compliance in paying land and building taxes in Cibeunying Kidul District. The research carried out used descriptive verification methods with a quantitative approach. The population in this research is individual taxpayers in Cibeunying Kidul District. The sampling technique in this research was accidental sampling with a total sample of 65 respondents who were individual taxpayers for land and building tax. The type of data used is primary data. The data collection method related to this research uses a questionnaire. The data analysis technique used are descriptive and verification analysis. The results of hypothesis testing show that: 1) taxpayer understanding has a positive and significant effect on taxpayer compliance in paying land and building tax, 2) taxpayer awareness has a positive and significant effect on taxpayer compliance in paying land and building tax.

Abstrak. Pajak merupakan hal yang sangat penting dalam penerimaan negara. Fenomena yang terjadi di Indonesia dalam bidang perpajakan salah satunya yaitu kepatuhan wajib pajak. Perlu kita ketahui bahwa kepatuhan wajib pajak saat ini dapat dikatakan rendah, hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya pemahaman dan kesadaran wajib pajak. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemahaman dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan di Kecamatan Cibeunying Kidul. Penelitian yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu wajib pajak orang pribadi yang berada di Kecamatan Cibeunying Kidul. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling dengan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 65 responden wajib pajak orang pribadi pajak bumi dan bangunan. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data terkait penelitian ini menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan verifikatif. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1) pemahaman wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan, 2) kesadaram wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan.

References

Abdullah, Sri Wahyuni, Hartati Tuli, and Lukman Pakaya. 2022. “Pengaruh Kesadaran Dan Pemahaman Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi Dan Bangunan.” Jambura Accounting Review 3(2): 116–28.

Amrul, Rusli, Anna Apriana Hidayanti, and Muhamad Arifulminan. 2020. “Pengaruh Pengetahuan, Sanksi Dan Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi Dan Bangunan-Perdesaan Dan Perkotaan (PBB-P2) Pada BAPENDA Kabupaten Lombok Barat.” Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi 7(2): 69–89.

Carolina, Veronica. 2009. Pengetahuan Pajak. Jakarta: Salemba Empat.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Dipenogoro.

Ariyanto, D., & Nuswantara, D. A. (2020). PENGARUH PERSEPSI TARIF PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM. AKUNESA: Jurnal Akuntansi Unesa, 8(3).

Aulia, R. N., & Amaliah, I. (2023). Kesiapan Masyarakat Kabupaten Sumedang dalam Melakukan Pembayaran Pajak Secara Digital melalui Aplikasi SIAPDOL. ICONOMICS: Journal of Economy and Business, 1(1), 17–26.

Sani Asih, K., & Yudana Adi, I. K. (2020). PENGARUH MORAL PAJAK, BUDAYA PAJAK DAN TARIF PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK BADAN DI KPP PRATAMA BADUNG UTARA. Journal Research of Accounting, 1(2). https://doi.org/10.51713/jarac.v1i2.17

Published
2024-02-09