Pengaruh Insentif dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Cafe Kinokimi Bandung

  • Mochamad Dimas Rizqi Fauzi akuntansi
  • Nurleli Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Akuntansi, Universitas Islam Bandung
Keywords: insentif kerja, motivasi kerja, kinerja karyawan

Abstract

Abstract. Human resources are one of the important assets for the company, whatever the field of business that the company runs. Cafe kinokimi is a company that runs in the field of F & B. At café kinokimi certainly not all employee performance has the same level of quality in carrying out their duties. The purpose of providing incentives and motivation to employees is to further improve employee performance, where employees will try and be enthusiastic with motivational encouragement to obtain the incentives that have been promised by the company. Incentives and motivation are very sustainable and it is very important for employees to produce positive things for the company to achieve goals. This research is a verifiative research with a quantitative approach. The sample in this study amounted to 31 respondents who were employees of Café Kinokimi Bandung. This study used primary data sourced from questionnaires using purposive sampling techniques. Hypothesis testing analysis data using multiple linear regression analysis, t test, f test, and coefficient of determination with SPSS statistical tool version 23. Based on the results of the tests conducted, the results of the study show that work incentives affect employee performance, and in this study also show that work motivation affects employee performance, and also in this study also shows work incentives and motivation affect employee performance.

Abstrak. Sumber daya manusia merupakan salah satu aset penting bagi perusahaan, Apapun bidang usaha yang dijalankan perusahaan. Cafe kinokimi merupakan perusahaan yang berjalan di bidang F&B. Di café kinokimi tentu tidak semua kinerja karyawan memiliki tingkat kualitas yang sama dalam melaksanakan tugasnya.Tujuan pemberian insentif dan motivasi terhadap karyawan adalah agar semakin meningkatkan kinerja karyawan, dimana karyawan akan berusaha dan semangat dengan dorongan motivasi untuk memperoleh insentif yang telah dijanjikan perusahaan. Insentif dan motivasi sangat berkesinambungan dan sangat penting bagi karyawan agar menghasilkan hal positif bagi perusahaan guna mencapai tujuan. Penelitian ini merupakan penelitian verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelititan ini berjumlah 31 responden yang merupakan karyawan Café Kinokimi Bandung. Penelitian ini menggunakan data primer yang bersumber dari kuisioner dengan menggunakan Teknik sampling purposive. Data analisis pengujian hipotesis menggunakan analisi regresi linear berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi dengan alat statistik SPSS versi 23. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, hasil penelitian menunjukan bahwa insentif kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan, dan dalam penelitian ini juga menunjukan bahwa motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan, dan juga dalam penelitian ini juga menunjukan insentif dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan.

References

Ghozali, I., (2006), Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Badan Penerbit UNDIP. Semarang

Mangkunegara, A.A Anwar Prabu. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung

Rochmat, K. B., Hamid, D., & Hakam, M. S. (2013). Pengaruh Pemberian Insentif terhadap Kinerja Pustakawan di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang, Volume 1, Nomor 1.

Robbins, S. L., (2002). Pocket companion to Robbins pathologic basis of disease. Elsevier Health Sciences TW.

Sofianty, D., & Nurhayati, N. 2018. Statistik Penelitian Dengan SPSS. Universitas Islam Bandung.

Nurhikmah, F., Harahap, D. A., & Nurgraha, Y. D. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Electronic Service Quality, dan Electronic Trust terhadap Purchase Decision pada Pengguna Shopee di Kota Bandung. ICONOMICS: Journal of Economy and Business, 1(1), 27–34.

Nurrohmat, A., & Lestari, R. (2021). Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Riset Akuntansi, 1(2), 82–85. https://doi.org/10.29313/jra.v1i2.419

Sugiarto. (2008). Pengaruh Insentif Kinerja, Usaha dan Kompleksitas Tugas terhadap Kualitas Audit Judgement. STIE Cendekia Karya Utama Semarang, 4(2), 1–23.

Published
2024-02-08