Pengaruh Tingkat Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di PT. PLN ULP Kosambi Karawang

  • Sindi Purnama Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
  • Yuni Rosdiana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
Keywords: Kepuasan Konsumen, Kualitas Pelayanan, Tingkat Harga

Abstract

Abstract. In 2020,  one of the Tebing Tinggi community members was dissatisfied with the service quality of PT PLN because even though the electricity price level had increased,  the quality of service was not improved, so this study  aims to determine the effect of the price level on consumer satisfaction at PT PLN ULP Kosambi Karawang and to determine the effect of service quality on customer satisfaction at PT PLN ULP Kosambi Karawang. This study was conducted on consumers at PT PLN ULP Kosambi Karawang with a total of 58 respondents. The sample selection technique used in this study is non-probability sampling with convenience sampling technique. The method used in this study is a verification method with a quantitative approach. The data source used is the primary data source using questionnaire data collection techniques. The instrument in this study was tested using validity and reliability tests. The data was processed using the SPSS version 23 program. The hypothesis in this study was measured by testing using multiple regression analysis, f test, t test and coefficient of determination test. The results obtained based on the test results in this study indicate that the price level has a significant effect on customer satisfaction at PT PLN ULP Kosambi Karawang and service quality has a significant effect on customer satisfaction at PT PLN ULP Kosambi Karawang.

Abstrak. Pada tahun 2020, salah satu masyarakat Tebing Tinggi merasa tidak puas dengan kualitas pelayanan PT PLN karena walaupun tingkat harga listrik telah naik tetapi kualitas pelayanannya tidak ditingkatkan, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat harga terhadap kepuasan konsumen di PT PLN ULP Kosambi Karawang dan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di PT PLN ULP Kosambi Karawang. Penelitian ini dilakukan pada konsumen di PT PLN ULP Kosambi Karawang dengan jumlah responden sebanyak 58 responden. Teknik pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik convenience sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah sumber data primer dengan menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner. Instrumen dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Data diolah dengan menggunakan program SPSS versi 23. Hipotesis dalam penelitian ini diukur dengan melakukan pengujian menggunakan uji analisis regresi berganda, uji f, uji t dan uji koefisien determinasi.  Hasil yang diperoleh berdasarkan hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di PT PLN ULP Kosambi Karawang dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan tehadap kepuasan konsumen di PT PLN ULP Kosambi Karawang.

Published
2022-01-19