Pengaruh Digitalisasi Pajak dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Subang

  • Rita Nurul Riyani Akuntansi
  • Diamonalisa Sofianty
Keywords: Digitalisasi Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak

Abstract

Abstract. Taxes are very important in state revenue. One of the phenomena that occurs in Indonesia in the field of taxation is taxpayer compliance. What we should know is that taxpayer compliance nowadays is very low because it is influenced by the lack of use of tax digitalization and low awareness of taxpayers. Therefore, this research aims to determine the influence of tax digitalization and taxpayer awareness on individual taxpayer compliance. The objects that are variables in this research are tax digitalization, taxpayer awareness, and individual taxpayer compliance. The subjects in this research are individual taxpayers who do business at KPP Pratama Subang. The method used in this research is a descriptive and verification method with a quantitative approach. The type of data used is primary data. The data usage technique used in this research is by using a questionnaire. The sampling technique in this research is non-probability sampling with accidental sampling technique with a sample size of 50 respondents. The data analysis used in this research is SEM-PLS model analysis with SmartPLS 4.0 software. The results of this research show that tax digitalization has no effect on taxpayer compliance, while taxpayer awareness has a positive and significant effect on taxpayer compliance.

Abstrak. Pajak merupakan hal yang sangat penting dalam penerimaan negara. Fenomena yang terjadi di Indonesia dalam bidang perpajakan salah satunya yaitu kepatuhan wajib pajak. Yang patut kita ketahui bahwa kepatuhan wajib pajak di zaman sekarang sangat rendah karena dipengaruhi oleh kurangnya penggunaan digitalisasi pajak dan rendahnya kesadaran dari wajib pajak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh digitalisasi pajak dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi.  Objek yang menjadi variabel dalam penelitian ini digitalisasi pajak, kesadaran wajib pajak, dan kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Subjek dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang melakukan usaha di KPP Pratama Subang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Teknik penggunaan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner. Teknik sampling yang dalam penelitian ini adalah sampel non probability sampling dengan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel 50 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model SEM-PLS dengan software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digitalisasi pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak, sedangkan kesadaran wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.

References

Aini & Nurhayati. (2022). Pengaruh Kebijakan Insentif Pajak Penghasilan bagi UMKM dan Digitalisasi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Bandung Conference Series: Accountancy. Vol. 2, No. 1.

Al Kausar, dkk. (2022). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Makassar Barat. JEMMA: Journal Of Economic, Management And Accounting. Vol. 5, No. 2.

Ardika, dkk. (2020). Pengaruh Digitalisasi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi . Vol. 20, No. 2.

Aryo Prakoso. (2019). Digital Repository Universitas Jember. JAE : Jurnal Akuntansi & Ekonomi.

Darajat & Sofianty. (2023). Pengaruh Penerapan Digitalisasi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi PBB di Kota Bandung dengan Sosialisasi Perpajakan sebagai Variabel Moderating. Bandung Conference Series: Accountancy. Vol. 3, No. 1.

Fitria dan Badjuri. (2023). Faktor-Faktor Kepatuhan Pajak Terhadap Insentif Pajak Sebagai Moderasi Dengan Pelaku UMKM Di Wilayah Kabupaten Brebes. COSTING: Journal of Economic, Bussines and Accounting , Vol. 7, No 1.

Ghozali, & Latan. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, & Latan. (2020). Partial Least Squares: Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 (2nd ed.). Badan Penerbit - Undip.

Harinurdin, E. (2009). Perilaku Kepatuhan Wajib Pajak Badan. BISNIS & BIROKRASI: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi, 16(2). https://doi.org/10.20476/jbb.v16i2.610

Mardiasmo. (2013). Perpajakan Edisi Revisi 2013 (Andi, Ed.).

Herviana & Halimatusadiah. (2022). Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan dan Kesadaran terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Riset Akuntansi, 39–46. https://doi.org/10.29313/jra.v2i1.964

Roberts. (2008). Digitisation and Imaging dalam Jackie Bettington, et all., (3rd Edition, Vol. 408). Australian Society of Archivist.

Sekaran & Bougie. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan Keahlian (6th ed.). Salemba Empat.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

Suratningsih, dkk. (2018). Kepatuhan Pajak. E-Jurnal Akuntansi, 1220. https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v24.i02.p15

Aryo Prakoso. (2019). Digital Repository Universitas Jember. JAE : Jurnal Akuntansi & Ekonomi.

Fitria W, & Badjuri A. (2023). Faktor-Faktor Kepatuhan Pajak Terhadap Insentif Pajak Sebagai Moderasi Dengan Pelaku UMKM Di Wilayah Kabupaten Brebes. COSTING: Journal of Economic, Bussines and Accounting , Vol. 7, No 1.

Mardiasmo. (2009). Akuntansi Sektor Publik (Andi Offset, Ed.; Vol. 1).

Roberts. (2008). Digitisation and Imaging dalam Jackie Bettington, et all., (3rd Edition, Vol. 408). Australian Society of Archivist.

Sani Asih, K., & Yudana Adi, I. K. (2020). PENGARUH MORAL PAJAK, BUDAYA PAJAK DAN TARIF PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK BADAN DI KPP PRATAMA BADUNG UTARA. Journal Research of Accounting, 1(2). https://doi.org/10.51713/jarac.v1i2.17

Sugiarto, & Wahyono. (2013). Manajemen Kearsipan Modern dari Konvensional ke Basis Komputer. Gava Media.

Suratningsih, dkk. (2018). Kepatuhan Pajak. E-Jurnal Akuntansi, 1220. https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v24.i02.p15

Yanti, K. E. M., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2021). Pengaruh Njop, Sikap, Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Perpajakan, Dan Sppt Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Dengan Sanksi Pajak Sebagai Variabel Moderasi Di Kecamatan Denpasar Utara. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 3(1), 242–252.

Published
2024-02-08