Pengaruh Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan terhadap Penghindaran Pajak

  • Dinda Dwi Maharani Akuntansi
  • Elly Halimatusadiah Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
Keywords: Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Penghindaran Pajak, Sales Growth, Company Size, Tax Avoidance

Abstract

Abstract. Taxes are the largest source of state revenue, but this has not been achieved optimally. One of them is the act of tax avoidance carried out by individual or corporate taxpayers so that tax revenue does not match the expectations and targets that have been set. This study aims to determine the effect of sales growth and company size on tax avoidance. The data used is secondary data with a total population of 70 property and real estate sector companies listed on the IDX in 2020-2022. Sampling using non-probability method with purposive sampling obtained 105 samples from 35 companies for 3 years of financial reporting. The method used is descriptive and verification method with a quantitative approach. Data collection techniques using documentation techniques. Hypothesis testing using multiple linear analysis with panel data. The results showed that Sales Growth has a positive effect on Tax Avoidance and Company Size has an effect on Tax Avoidance.

Keywords: Sales Growth, Company Size, Tax Avoidance.

Abstrak. Pajak merupakan sumber pendapatan terbesar negara, namun hal tersebut belum tercapai secara maksimal. Salah satunya adanya tindakan penghindaran pajak yang dilakukan oleh wajib pajak orang pribadi atau badan sehingga penerimaan pajak tidak sesuai dengan harapan dan target yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap penghindaran pajak. Data yang digunakan berupa data sekunder dengan total populasi 70 perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di BEI pada tahun 2020-2022. Pengambilan sampel menggunakan metode non-probability dengan purposive sampling diperoleh 105 sampel dari 35 perusahaan selama 3 tahun pelaporan keuangan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis linier berganda dengan data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertumbuhan Penjualan berpengaruh positif terhadap Penghindaran Pajak dan Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap Penghindaran Pajak.

Kata Kunci: Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan dan Penghindaran Pajak.

References

Agus Wahyudi S. G., (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bali. Cv Noah Aletheia.

Brigham, E. F. D. J. F. H. (2010). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. .

Chairil Anwar Pohan. (2013). Manajemen Perpajakan Strategi Perencanaan dan Bisnis.

Dewinta, I., & Setiawan, P. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Tax Avoidance. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 14(3).

Erly Suandy. (2016). Hukum pajak (7 ed.).

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Handlon, dan Heitzment. (2016). A review of tax research. Journal of Accounting and Economics 50(40): 127–178.

Hanlon, Michelle., & Heitzman, Shane. (2010). A review of tax research. Journal of Accounting and Economics, 50 (40). 127 – 178

Heru Harmadi Sudibyo. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Penghindaran Pajak. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 2(1), 78–85. https://doi.org/10.56127/jaman.v2i1.211

Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan.

Kasmir. (2018). Analisis laporan keuangan (1 ed.).

Mardiasmo. (2018). Perpajakan Edisi Revisi Tahun 2018.

Payanti, N. M. D., & Jati, I. K. (2020). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance dan Sales Growth pada Tax Avoidance. E-Jurnal Akuntansi, 30(5), 1066. https://doi.org/10.24843/eja.2020.v30.i05.p01

Pohan, and C Anwar. (2017). Manajemen Perpajakan Strategi Perencanaan Pajak dan Bisnis edisi revisi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Pohan. (2016). Manajemen Perpajakan Strategi Perpajakan dan Bisnis Edisi Revisi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rahman, dkk. (2023). Metodologi Penelitian.

Sekaran & Bougie, (2016). Research Methods for Business : A Skill Building Approach Seventh Edition. United States of America : Wiley

Sekaran, Uma dan Roger Bougie, (2017), Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6, Buku 2, Salemba Empat, Jakarta Selatan 12610.

Sekaran, Uma. (2014). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis (Research Methods for Business) Buku 1 Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Suryana, F. N., & Rahayu, S. (2018). Pengaruh Leverage, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). E-Proceeding of Management, 5(2), 2262–2269.

Suweta, & Dewi. (2016a). Pengaruh pertumbuhan penjualan, struktur aktiva, dan pertumbuhan aktiva terhadap struktur modal. Manajemen, 5(8).

Suweta, & Dewi. (2016b). Pengaruh pertumbuhan penjualan, struktur aktiva, dan pertumbuhan aktiva terhadap struktur modal. Manajemen, 5(8).

Waluyo. 2017. Perpajakan Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Zahra, S., Halimatusadiah, E., & Nurhayati. (2020). Pengaruh Kebijakan Tax Amnesty dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi pada Kantor Pelayanan Pajak ( KPP ) Pratama Majalaya. Prosiding Akuntansi, 6(1).

Megayani, N. K. M., & Noviari, N. (2021). Pengaruh Program E-SAMSAT, SAMSAT Keliling, dan Kepuasan Wajib Pajak pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi, 31(8), 1936–1946.

Nandita, F., & Rosdiana, Y. (2023). Pengaruh Pengendalian Internal dan Disiplin Kerja terhadap Kepuasan Kerja Pegawai. ICONOMICS: Journal of Economy and Business, 1(1), 1–8.

Sani Asih, K., & Yudana Adi, I. K. (2020). PENGARUH MORAL PAJAK, BUDAYA PAJAK DAN TARIF PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK BADAN DI KPP PRATAMA BADUNG UTARA. Journal Research of Accounting, 1(2). https://doi.org/10.51713/jarac.v1i2.17

Published
2024-02-08