Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan Sektor Barang Konsumen Primer yang Terdaftar di Bursa Efek Tahun (BEI) 2020-2022

  • Yulisa Manda Akousa Akuntansi
  • Sri Fadilah Akuntansi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
Keywords: Nilai Perusahaan, Pengungkapan Corporate Social Responsilibity

Abstract

Abstract. This study aims to determine the effect of Corporate Social Responsibility (CSR) disclosure on the value of primary consumer goods sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2020-2022. CSR measurement uses GRI Standards 2021 indicators and measurement of company value using the Price To Book Value (PBV) ratio. The research method used is a descriptive verification method with a quantitative approach. The data source in this study comes from secondary data obtained from annual reports and sustainability reports on each company's website. This study used purposive sampling technique and obtained a sample of 13 companies. The results showed that Corporate Social Responsibility (CSR) disclosure has an effect on Firm Value.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan sektor barang konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2020-2022. Pengukuran CSR menggunakan indikator GRI Standards 2021 dan pengukuran nilai perusahaan menggunakan rasio Price To Book Value (PBV). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan secara kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari data sekunder yang diperoleh dari annual report dan sustainability report pada masing-masing website perusahaan. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan mendapatkan sampel sebanyak 13 perusahaan. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan Eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan.

References

Agustine, Ira. (2014). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Finesta Vol 2. No. 1.

Candra, A. G., & Cipta, W. (2022). Pengaruh Profitabilitas Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Profesi, Volume 13 Nomor 1.

Nasution et., al. (2019) Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan institusional, Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur di Indonesia Tahun 2015-2018. Jurnal STIE Ekonomi.

Nursandy. (2022). https://kaltimpost.jawapos.com/kaltim/29/08/2022/csr-perusahaan-sawit-masih-sulit. [10/1/2024].

Ningrum, E. (2022). Nilai Perusahaan: Konsep Dan Aplikasi (Cetakan Pertama). Indramayu: Penerbit Adab.

Puspitasari & Ermayanti. (2019). Pengaruh CSR Terhadap Nilai Perusahaan dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Moderasi (Studi Perbankan BUMN Go Public BEI 2011-2018). Jurnal Ilmu Riset Akuntansi. STIESIA Surabaya.

Muhlis & Gultom. (2021). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, Vol.9. No.1.

Rizaldi, Aulia. (2015). Pengaruh CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. Artikel Ilmiah. Surabaya: STIE Perbanas.

Fadilah, S. (2009). Keberhasilan Kegiatan Corporate Social Responsibility Melalui Pengungkapan dan Audit Corporate Social Responsibility. Jurnal Telaah & Riset Akuntansi, Vol.2 117-132.

Utomo M. (2019). Ramah Lingkungan Dan Nilai Perusahaan. Surabaya:Jakad Publishing Surabaya.

Muhammad Raihan Nur, & Oktaroza, M. L. (2022). Updating and Developing Information System CV X. Jurnal Riset Akuntansi, 1(2), 119–125. https://doi.org/10.29313/jra.v1i2.519

Diana, R. (2023). Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun Periode 2017-2020. ICONOMICS: Journal of Economy and Business, 1(1), 35–44.

Dhinny Maulani Agustin, & Yuni Rosdiana. (2022). Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Kinerja Lingkungan terhadap Kinerja Keuangan. Jurnal Riset Akuntansi, 2(2), 83–90. https://doi.org/10.29313/jra.v2i2.1149

Published
2024-02-06