Perancangan Informasi Akuntansi untuk Manajemen Persediaan Barang Masuk dan Keluar Berbasis Microsoft Access pada CV Putri Jaya Mandiri

  • Mohammad Nauval Alim Akuntansi
  • Nunung Nurhayati Akuntansi
  • Annisa Nadiyah Rahmani Akuntansi
Keywords: Manajemen Persediaan, Microsoft Access, Perancangan

Abstract

Abstract . CV Putri Jaya Mandiri is a company engaged in repair services, electronic sales, and electronic spare parts sales, located in Banjar City. This company has several problems related to inventory management. This problem starts with the absence of an organizational structure, job descriptions, and recordings of incoming and outgoing goods, as well as the absence of inventory reports related to outgoing and incoming goods transactions. The purpose of this research is to determine the incoming and outgoing goods inventory information system that is being implemented at CV Putri Jaya Mandiri, to find out the weaknesses contained in the incoming and outgoing goods inventory information system at CV Putri Jaya Mandiri, and to identify improvement efforts that must be made. carried out, knowing the appropriate form of incoming and outgoing goods inventory information system design to be applied to CV Putri Jaya Mandiri. So that it can reduce and overcome problems related to the company's inventory management. This research uses a descriptive analysis method and uses system design stages starting from system analysis, system design, and system implementation. The results obtained from this research are an inventory information system design that can make it easier for employees and company owners to carry out work or control the company's inventory. Apart from that, the author tries to design the output and interface of the incoming and outgoing inventory information system using Microsoft Access and Microsoft Visual Basic software.

Abstrak. CV Putri Jaya Mandiri merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa perbaikan, penjualan elektronik, dan penjualan sparepart elektronik yang terletak di Kota Banjar. Perusahaan ini memiliki beberapa permasalahan yang yang berkaitan dengan manajemen persediaan. Permasalahan ini dimulai dari tidak adanya struktur organisasi, uraian tugas, pencatatan keluar masuk barang, hingga tidak terdapat laporan persediaan yang berkaitan dengan transaksi keluar dan masuknya barang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem informasi persediaan barang masuk dan keluar yang sedang diterapkan pada CV Putri Jaya Mandiri, untuk mengetahui kelemahan-kelemahan yang terdapat dalam sistem informasi persediaan barang masuk dan keluar di CV Putri Jaya Mandiri serta upaya-upaya perbaikan yang harus dilakukan, mengetahui bentuk rancangan sistem informasi persediaan barang masuk dan keluar yang sesuai untuk diterapkan pada CV Putri Jaya Mandiri. Sehingga dapat mengurangi dan mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan manajemen persediaan perusahaan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode desktiptif analisis dan menggunakan tahapan perancangan sistem dimulai dari analisis sistem, desain sistem, dan implementasi sistem. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu sebuah perancangan sistem informasi persediaan yang dapat mempermudah karyawan dan pemilik perusahaan dalam melakukan pekerjaan atau mengontrol persediaan yang dimiliki perusahaan. Selain itu penulis mencoba merancang output dan interface sistem informasi persediaan barang masuk dan keluar menggunakan software Microsoft Access dan Microsoft Visual Basic.

References

Endaryati, E., Kom, S., & Si, M. (n.d.). SISTEM INFORM AKUNTANSI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI.

Juliawati, R., Oktaroza, M. L., & Nurhayati, N. (2015). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi di BMT Babussalam. Prosiding Akuntansi, 540-547.

Kustiningsih, Nanik. dan F. A. (2022). Manajemen Keuangan : Dasar-Dasar Pengelolaan Keuangan. CV Globalcare.

Marina, A., Imam, S., Ma’ruf Syaban, W., & Suarni, A. (2017). SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TEORI DAN PRAKTIKAL.

Mulyadi. (2014). Sistem Informasi Akuntansi. Salemba Empat.

Sekaran dan Bougie. (2013). Metode Penelitian Untuk Bisnis (Edisi 4). Salemba Empat.

Sikumbang, E. D. (2016). SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE WATERFALL DENGAN KONSEP PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR. SNIPTEK.

Bryan Malfin Nugraha Putra, Pupung Purnamasari, & Mey Maemunah. (2023). Pengaruh Tingkat Debt Covenant terhadap Audit Delay dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Riset Akuntansi, 75–82. https://doi.org/10.29313/jra.v3i1.1978

Setiadi, A. D., & Mafruhat, A. Y. (2023). Faktor Penentu Tingkat Kemiskinan di Kabupaten Belitung dalam Jangka Pendek dan Jangka Panjang. ICONOMICS: Journal of Economy and Business, 1(1), 9–16.

Fia Afriyani, & Nurhayati. (2023). Pengaruh Rasio Likuiditas, Leverage, Aktivitas dan Profitabilitas terhadap Financial Distress pada Perusahaan F&B. Jurnal Riset Akuntansi, 23–30. https://doi.org/10.29313/jra.v3i1.1766

Published
2024-02-06